MEMPERBAIKI FLASDISK YANG RUSAK


Berangkat dari pengalaman pribadi dan teman-teman yang sering mengalami masalah dengan USB Flashdisk yang tidak bisa diformat ataupun file systemnya berformat RAW saya mencoba mencari cara/tool yang ampuh untuk memperbaiki flashdisk-flashdisk  yang rusak tersebut. Pada awalnya saya direkomendasikan menggunakan HP Drive Boot Key, HDD Low Level Format tool, dan format tool lainnya  yang banyak dianjurkan pada website atau blog-blog, tapi ternyata tool-tool tersebut tidak sekomplit yang diharapkan karena hanya pada beberapa kasus kerusakan saja tool tersebut dapat menjalankan fungsinya dalam memperbaiki flashdisk yang rusak tersebut.

Dan pada akhirnya… setelah berjuang mencari dan mencari akhirnya saya mendapatkan hampir semua tool yang dapat membantu saya memperbaiki flashdisk-flashdisk yang rusak tersebut. Beberapa tool itu namanya bermacam-macam, diantaranya : iformat2, Dr.UFDv1.0.2.27, onbelayv2, JetFlash Recovery Tool v1.0.12, U_PortFreev327, HP_USB_Disk_Storage_Format_Tool_2.1.8 dan masih banyak yang lain. Memang saya tidak bisa menjanjikan mesti selalu berhasil, tapi menurut saya tool ini sangat mumpuni dalam memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat maupun flashdisk dengan format RAW,tapi dengan syarat flashdisk haruslah terdetect oleh sistem operasi,karena apabila tidak terdetect kemungkinan yang rusak adalah pada bagian hardware. Sebagai perbandingan, untuk memperbaiki flasdisk dari produk pq1 tidak bisa diperbaiki dengan tool iformat2 atau hp usb format tool tetapi bisa diatasi dengan menggunakan Dr.UFDv1.0.2.27, ini sebagai contoh. dan untuk mengetahui tool apa yang digunakan untuk memperbaiki flasdisk tersebut adalah dengan membuka flasdisk tersebut dengan cara hati-hati.  Setelah berhasil dibuka, perhatikan gambar berikut :

perhatikan pada mikro controller flasdisk anda, pada micro controller tersebut terdapat semua nomor seri atau jenis micro controller yang dipakai, misal alcol AU6982. Setelah kita mengetahuinya maka untuk memperbaikinya harus mencari tool yang sesuai dengan nomor seri atau jenis micro controller. Untuk mengetahuinya anda tinggal masuk di http://flashboot.ru/iflash.html , yaitu situs milik orang rusia yang mencatat semua nomor seri dan software yang digunakan. Perhatikan gambar berikut :

jadi untuk memperbaiki flasdisk ditentukan oleh nomor seri dari micro controller yang dipakai. Sedangkan untuk mendapatkan tool yang dimaksud ya kita tinggal googling aja… banyak tuh di internet….

InsyaAllah yang saya sampaikan ini sesuai dengan pengalaman pribadi yang saya lakukan selama ini, dan hasilnya 90% berhasil.. sedangkan 10% ketidak berhasilan dari merepair flashdisk mungkin disebabkan hardware dari flashdisk tersebut sudah rusak bin parah sekali… alias matot bin eror atau bahasa kerennya bengek..ngek…

Demikian pengalaman yang saya sharing disini semoga bermanfaat, jangan lupa… komen ya…. heheheheeee…..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: