Tambah Memory Virtual Dengan Flash Disk


Pada sistem operasi windows, memory virtual merupakan vasilitas yang sangat membantu kinerja sistem. Terutama pada sistem yang mempunyai memory utama terbatas/kecil. Meski begitu, memory virtual juga bisa bikin sistem jadi lamban bekerja.

Memory virtual merupakan memory bayangan tempat sistem operasi menyimpan data-data yang akan/sedang/baru selesai diproses sebelum disimpan ke media penyimpanan permanen seperti harddisk.

Dalam sistem operasi windows, memory virtual sangat berguna untuk menampung data yang tidak bisa ditampung lagi pada RAM. Tapi sayang, penggunaannya yang terlalu besar pada harddisk malah bisa menurunkan peforma komputer.

Memory virtual bisa dibilang sebagai “tambalan” untuk memory utama, sedang tempat penyimpanan data yang sebenarnya dalam komputer adalah harddisk. Jadi kecepatan akses memoty virtual pun sangat berguna, bisa dibangdingkan dengan memory utama. Hal inilah yang bisa membuat memory virtual menjadi bottleneck. Selain itu, kinerja sistem bisa lebih lambat lagi, jika anda menempatkan memory virtual pada drive yang sama dengan tempat instalasi windows.

Mempercepat Kinerja Sistem
Anda memang bisa mempercepat kinerja sistem dengan menambah RAM, tapi itu cukup memakan biaya. Lalu bagaimana kalau baget anda sangat terbatas tapi anda sangat ingin menambah kinerja komputer anda? Jawabannya sederhana. Anda bisa menggunakan memory virtual yang disimpan pada flashdisk. Apalagi harganya juga sudah murah. Saat ini, anda bisa membeli flashdisk berkapasitas sampai 4Gb.

Pada Windows Vista, fasilitas seperti ini diberi nama “ReadyBoost“. Tapi, kalau anda masih menggunakan Windows XP, anda pun bisa membuat imitasi “ReadyBoost” pada sistem anda. Tentunya untuk melakukan itu, anda harus mengorbankan satu slot USB pada komputer anda. Ingin mencoba? Beginilah langkah-langkah membuat “ReadyBoost” pada Windows XP.

1. Colokkan flashdisk anda pada slot USB yang tersedia.
2. Tekan tombol [Start]>[Settings]>[Control Panel], lalu pilih [System]. Klik tab [Advance]
3. Klik tombol [Settings] pada bagian Performance. Setelah itu klik tab [advance] pada jendela Performance Options, lalu klik tombol [Change] dibagian virtual memory untuk menampilkan kotak penyetingan memory virtual
4. Klik drive C: pada bagian drive. Jika Windows anda tidak diinstall pada drive C, pilihlah drive tempat anda menginstall sistem operasi
5. Pilihlah opsi [No Paging File] pada radio button yang ada, dan tandailah boks [Set]. Hal itu bertujuan untuk mematikan sistem page file pada windows XP anda
6. Pilihlah drive yang menyatakan flashdisk anda. Sebagai informasi, jika flasdisk anda masih baru, biasanya namanya masih removable drive. Stetelah mengklik drive tempat flashdisk anda berada, tandai opsi [System Managed Size] pada radio button. Setelah itu kliklah, tombol [Set]. Jika ternyata rekomendasi total paging file size-nya terlalu besar, anda bisa memasukkan nilai kapasitas total flashdisk anda. Jangan lupa sisakan 5 hingga 6Gb, karena ini adalah syarat dari Windows XP sendiri
7. Klik [OK] untuk menutup jendela, lalu reboot PC anda. Setelah itu, coba rasakan, apakah sekarang kinerja Windows XP anda sudah bertambah cepat?

Selamat mencoba

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: